Sabtu, 16 Mei 2015

PEMANDIAN ALAM "SUMBER TAMAN"


Wisata Pemandian Sumber Taman terletak di antara dua desa yaitu Dusun Krajan, Desa Karangsuko,  dan Desa Brongkal. Keduanya berada di wilayah Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Jika berangkat dari Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Jika dari Kota Kepanjen berjarak sekitar 5 km ke arah timur atau jika dari Gondanglegi dapat ditempuh sekitar 15 menit menuju arah barat. Letaknya yang berada di dua desa ini yang menyebabkan di Sumber Taman terdapat dua pintu masuk. Namun, umumnya pengunjung lebih sering masuk lewat Karangsuko karena jalannya lebih lebar dan dapat dilalui mobil. Akses jalan masuk ke Sumber Taman itu sudah aspal jadi para pengunjung tidak perlu kwatir dengan perjalanan yang dilalui. Di sepanjang perjalanan di kiri kanan jalan, masih terbentang sawah dan pepohonan yang menghijau dan udaranya sangat sejuk.


Ketika Anda telah sampai di Sumber Taman maka Anda akan melihat keindahan dan keasrian rerimbunan pepohonan yang konon berusia ratusan tahun. Banyaknya pepohonan yang ada di sekitar area pemandian membuat suasana terasa sejuk dan menyenangkan karena terhindar dari teriknya matahari. Untuk memasuki areal pemandian, kita tidak perlu membayar hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 2000 untuk parkir kendaraan bermotor.

Sumber mata air berasal dari dua batang pohon besar yang mengalirkan air yang melimpah. Jernihnya air membuat kita bisa melihat dasar pemandian dengan sangat jelas. Area pemandian Sumber Taman sendiri cukup luas dengan kedalaman sekitar 1 – 1,5 meter dan luas sekitar 30 M². Anak-anak sering menggunakan bagian tepi dari telaga tersebut untuk bermain-main sekaligus mandi. Makin ke tengah kedalamannya makin bertambah. Air sumber ini juga sangat bermanfaat bagi petani, karena di tempat yang lebih rendah terdapat persawahan yang terlihat dengan suburnya. Selain sebagai tempat wisata, Sumber Taman juga sering dijadikan tempat perkemahan, dan outbound. Tersedia juga warung-warung di sekelilingnya untuk mengisi perut jika kita lelah berenang di kolam ini dan tersedia penyewaan ban pelampung.

Saat liburan sekolah, pemandian ini ramai dikunjungi wisatawan yang menghabiskan waktu bersama keluarga. Pada hari-hari tersebut jumlah pengunjung yang datang ke Sumber Taman bisa meningkat drastis. Sayangnya di pemandian ini minim fasilitas bagi pengunjung. Alangkah baiknya jika ada fasilitas lain yang mendukung, seperti tempat permainan anak-anak. Selama ini hanya tersedia beberapa fasilitas seperti MCK dan persewaan ban. Selain itu area parkir kendaraan baik mobil maupun motor juga tersedia meski masih berupa lapangan. Dahulu pernah ada fasilitas perahu, tetapi sekarang tidak lagi ada. Sehingga pengunjung yang datang ke Sumber Taman hanya sekedar untuk berenang saja. Obyek wisata alam ini sebenarnya memiliki potensi besar namun masih terabaikan. Selama ini Sumber Taman memang belum terlalu dikenal terutama pengunjung dari luar Kabupaten Malang.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda, Semoga Bermanfaat !!!